pidato tentang global warming

Posted: Sabtu, 14 September 2013 by Unknown in
0

Assalamualaikum wr.wb
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat bapak Mahfud S.pd selaku guru bahasa Indonesia.
Serta teman-teman X.1 yang berbahagia.
Shalawat dan salam kita haturkan atas segala nikmat yang telah kita terima dan dikaruniakan Allah SWT sehingga kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir ditempat ini tanpa ada halangan suatu apapun dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada bapak Mahfud yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pidato singkat tentang “Global Warming”.
Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Dari zaman ke zaman manusia selalu mengalami kemajuan. Ketika zaman manusia masih bergantung pada pertanian dan agrikultur manusia selalu berusaha menjaga dan melestarikan lingkungannya dengan sebaik-baiknya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Sekarang manusia bergantung pada industri. Dunia agrikultur pun mengalami kemunduran secara perlahan-lahan. Yang mana hal itu membuat iklim menjadi lebih panas dan suhu menjadi tinggi, Lalu apa yang menyebabkan selama ini Bumi dirasakan semakin panas? Jawabannya adalah banyaknya pabrik dan kendaraan tanpa diimbangi dengan penghijauan lingkungan, sehingga menyebabkan gas CO dan CO2 semakin menumpuk dan membuat lapisan seperti kaca yang menyelubungi bumi dan hal ini biasa disebut dengan ‘efek rumah kaca’. Salah satu contohnya adalah kota Jakarta, kota dengan industri yang maju namun juga kota dengan temperatur udara yang sangat panas. Hal itu disebabkan banyaknya pusat-pusat industri tidak diimbangi dengan penanaman pohon dilingkungan sekitar. Suhu di bumi semakin meningkat dalam 10 tahun terakhir ini. Di negara-negara arab bahkan sudah mencapai 54 derajat celcius.
Lantas bagaimana agar situasi tersebut tidak bertambah parah? Salah satu cara agar Global Warming tidak bertambah parah adalah dengan penghijauan lingkungan atau penanaman satu milyar pohon. Atau lebih dikenal dengan istilah GO GREEN. Di dunia hutan yang yang masih baik kondisinya hanya tinggal 2, hutan Amazon dan hutan yang ada di Indonesia. hutan merupakan paru-paru dunia. kita selaku warga Indonesia mari kita jaga hutan kita. Jangan sampai ada penabangan liar, mari kita lakukan reboisasi pada hutan yang gundul.
Teman-teman sekalian tentu kita mengharapkan anak cucu kita kelak masih dapat menikmati hijaunya bumi dan sejuknya udara di daerah kita, bukan menikmati panasnya udara akibat global warming. Mari kita sebagai generasi penerus bangsa kita harus menjaga lingkungan kita agar tetap hijau dan rindang.
Demikian pidato singkat tentang Global Warming sekian dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 komentar: